AALI
9975
ABBA
400
ABDA
0
ABMM
1450
ACES
1305
ACST
230
ACST-R
0
ADES
2950
ADHI
1025
ADMF
7700
ADMG
210
ADRO
1700
AGAR
340
AGII
1600
AGRO
2130
AGRO-R
0
AGRS
177
AHAP
65
AIMS
486
AIMS-W
0
AISA
208
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
860
AKRA
3970
AKSI
416
ALDO
1020
ALKA
244
ALMI
246
ALTO
280
Market Watch
Last updated : 2021/11/30 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
497.28
-2.19%
-11.12
IHSG
6533.93
-1.13%
-74.36
LQ45
930.98
-2.07%
-19.70
HSI
-74.94
-100.31%
-23927.18
N225
346.43
-98.78%
-27937.49
NYSE
59.11
-99.64%
-16565.76
Kurs
HKD/IDR 1,834
USD/IDR 14,318
Emas
825,609 / gram

Mau Investasi? Ketahui Dulu Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

MILENOMIC
Shifa Nurhaliza
Kamis, 21 Oktober 2021 14:15 WIB
Perbedaan pasar uang dan pasar modal biasanya berada pada apa yang diperjualbelikan.
Mau Investasi? Ketahui Dulu Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal. (Foto: Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal)
Mau Investasi? Ketahui Dulu Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal. (Foto: Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal)

IDXChannel - Perbedaan pasar uang dan pasar modal biasanya berada pada apa yang diperjualbelikan. Jjika diperhatikan, dalam transaksi pada pasar uang terdapat transaksi jual beli surat berharga yang bersifat jangka pendek. Namun untuk di pasar modal, terdapat transaksi berupa jual beli efek atau surat berharga jangka panjang.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia investasi, pasar instrumen diketahui terbagi menjadi dua yakni pasar modal dan juga pasar uang. Pasar uang ini dikenal sebagai sebuah mekanisme pasar yang dimana seseorang dapat melakukan aktifitas transaksi melalui bank ataupun lembaga sekuritas keuangan non bank. 

Pasar uang sejatinya juga diartikan sebagai wadaw atau tempat bagi pihak atau perseorangan untuk bisa meminjam dana dengan tingkat bunga sebagai imbalan atau keuntungan yang akan ditawarkan kepada si pemberi dana. 

Adapun sistem transaksi yang dilakukan di pasar uang ini bisa dilakukan secara mandiri atau melalui perantara yang disebut sebagai broker. Dalam transaksinya, pasar uang juga mempunyai beberapa instrumen yang secara umum berwujud dalam bentuk surat berharga. 

Biasanya, daftar surat berharga yang bisa diperjual belikan melalui pasar uang yakni  Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito, Promissory Notes, Treasury Bills, Banker’s Acceptance, Commercial Paper, dan Call Money.

Sementara itu, pengertian pasar modal yakni sebuah wadah untuk bertemunya investor dan emiten atau perusahaan. Diaman seorang investor dalam pasar modal merupakan pihak yang memiliki dana dan akan menginvestasikan sejumlah uang kepada perusahaan terkait. Sedangkan emiten merupakan pihak yang biasanya berasal dari badan usaha atau perusahaan yang membutuhkan modal dan mendaftarkan perusahaan terbebut sebagai perusahaan terbuka di BEI. 

Pasar modal ini biasanya menawarkan pendanaan jangka panjang sebagai investasi. Adapun instrumen yang diperjualbelikan di pasar modal yakni berupa saham, obligasi, hingga reksadana. Pasar modal juga memiliki instrumen lain seperti exchange traded fund (ETF) dan juga derivatif.

Selanjutnya, adapun perbedaan pasar uang dan pasar modal, yakni:

1. Dari Segi Instrumen yang Jelas Berbeda.
Perbedaan pasar uang dan pasar modal sangat terlihat dari segi instrumen atau produk investasi yang dihadirkan. Selain itu, objek pertukarannya pun juga berbeda. Adapun instrumen dalam pasar uang yakni surat-surat utang, investasi real estate, dan deposito berjangka. Sedangkan untuk instrumen di dalam pasar modal ini lebih luas dibandingkan pasar uang, yani mulai dari saham hingga reksadana.

2. Perbedaan Segi Jangka Waktu.
Segi jangka waktu investasi antara pasar uang dan pasar modal juga berbeda. Janga waktu investasi di pasar uang ini terpantau lebih pendek dengan tenggat waktu maksimal beberapa bulan hingga 1 tahun. Namun dalam kasus tertentu, investasi di pasar uang bisa sampai dua tahun, seperti contohnya Saving Bond Ritel-nya pemerintah.

Sementara itu, durasi investasi di pasar modal lebih fleksibel, bisa dari beberapa bulan bahkan bisa dilakukan hingga puluhan tahun kedepan sesuai dengan keinginan investor atau umur emiten terkait.

3. Tujuan Investasi yang Berbeda.
Dalam tujuan investasi antara pasar uang dan pasar modal sangat berbeda. Dimana, para investor pasar modal memiliki banya motif investasi dan keuntungan, seperti menjadi pemilik saham, mendapat dividen, hingga mendapatkan profit dari aksi jual beli saham. 

Namun para investor pasar uang justru kebalikannya. Mereka cenderung mengambil posisi aman dan terhindar dari risiko. Para investor membeli instrumen pasar uang untuk menjaga dan menyimpan kekayaannya atau maintaining wealth, dengan return yang sudah disepakati sejak awal.

4. Mekanisme Pasar yang Berbeda.
Cara kerja antara pasar modal dan pasar uang juga berbeda. Mekanisme yang terjadi di pasar modal dapat dilihat lebih kompleks jika dibandingkan pasar uang. 

Sedangkan di pasar modal, sebelum menerima bantuan pendanaan dari investor maka pihak perusahaan atau emiten harus menghubungi lembaga penjamin efek atau underwriter nya terlebih dulu. Selanjutnya, proses penawaran saham harus melalui uji kelayakan sebelum bisa akhirnya dilepaskan di pasar modal.

Adapun mekanisme pasar uang terlihat jauh lebih mudah, karena tidak perlu melalui banyak tahapan sebelum berinvestasi. Jika investor sepakat dengan penawaran emiten sertifikat tersebut, maka transaksipun bisa langsung dilakukan.

5. Likuiditas yang Berbeda.
Likuditas investasi pasar uang dan pasar moda juga berbeda. Lebih mudah cair likuditas di pasar uang dibandingkan di pasar modal. Setelah berinvestasi di pasar modal, seorang investor biasanya akan mendapat lembaran saham atau yang disebut dengan “lot” sebagai bukti kepemilikannya atas saham di perusahaan tertentu.

Berbeda dengan likuiditas pasar uang, dimana saat investor membeli obligasi atau sertifikat berharga dari salah satu emiten, investor tersebut memiliki hak tagih atau redemption pada emiten tersebut. Namun, jika sudah melewati batas waktu tertentu, investor pasar uang bisa meminta kembali dana investasinya pada emiten dengan tambahan bunga tertentu. (SNP)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD