Bingung Cara Membuka Rekening Saham? Yuk, Kenali Langkahnya
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Jumat, 05 Juli 2019 16:00 WIB
Namun sebelum memulai investasi saham, perlu diketahui langkah pertama yang harus dilakukan mulai dari membuka rekening saham hingga penyiapan dokumen.
Bingung Cara Membuka Rekening Saham? Yuk, Kenali Langkahnya. (Foto: Ist)

IDXChannel – Saham merupakan salah satu bentuk instrumen investasi yang memiliki imbalan cukup besar dalam jangka waktu yang relatif singkat. Banyak investor yang sudah mulai melakukan investasi saham akan tetapi bagi investor pemula banyak hal yang harus di ketahui sebelum memulai berinvestasi.

Namun sebelum memulai investasi saham, perlu diketahui langkah pertama yang harus dilakukan mulai dari membuka rekening saham hingga penyiapan dokumen.

Ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum kamu memulai membuka rekening saham, cukup simpel yaitu seperti:

  1. Siapkan Dokumen Pribadi

Hal pertama yang harus di bawa ketika pertama kali kamu ingin membuka rekening saham adalah dokumen milik kamu sendiri seperti KTP , NPWP (Jika punya) , dan juga buku tabungan.

  1. Isi Formulir Perusahaan Sekuritas

Jika rekening efek dan rekening dana kamu telah siap, kamu dapat langsung mentransfer sejumlah dana ke rekening dana kamu sendiri untuk memulai pembelian dan penjualanan saham.

Dokumen persyaratan yang harus di bawa ketika ingin membuka rekening efek yaitu: Fotokopi KTP, Fotokopi NPWP (jika ada), Fotokopi halaman depan buku tabungan, Membawa materai Rp600 minimal 2 buah

  • Perusahaan Sekuritas

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu perusahaan sekuritas, jadi perusahaan sekuritas / perusahaan efek adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

  • Rekening Efek

Rekening efek adalah rekening transaksi jual dan transaksi beli efek yang dibayar/diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

  • Rekening Dana Investor

Rekening dana investor adalah Rekening di Bank atas nama kamu sebagai investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor.

  1. Setorkan Dana Awal Ke Nomor Rekening Dana Investor

Masing masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan nilai deposit yang berbeda. Kamu dapat menyetorkan dana awal kamu ke rekening dana Investor “Atas Nama Kamu (Investor) Sendiri” , jangan pihak lain.

  1. Siap berinvestasi

Jika semua berkas sudah terpenuhi dan formulir sudah terisi saatnya kamu sebagai Investor siap untuk melakukan Investasi. Pastikan kamu memilih broker seteliti mungkin, karena pemilihan  broker juga berpengaruh pada strategi kamu dalam berinvestasi saham. (*)

Baca Juga