AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20116.20
-0.27%
-55.07
N225
26604.84
-0.27%
-72.96
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

Empat Faktor yang Menentukan Harga Saham

YUK NABUNG SAHAM
Mohammad Yan Yusuf
Rabu, 23 Maret 2022 12:41 WIB
Beberapa faktor yang menentukan harga saham ini perlu Anda ketahui sebelum bermain di pasar modal. Karena itulah Anda perlu membaca ini menambah pengetahuan.
Empat Faktor yang Menentukan Harga Saham. (Foto : MNC Media)
Empat Faktor yang Menentukan Harga Saham. (Foto : MNC Media)

IDXChannel - Beberapa faktor yang menentukan harga saham ini perlu Anda ketahui sebelum bermain di pasar modal. Karena itulah Anda perlu membaca ini untuk menambah pengetahuan Anda. 

Apa saja faktor yang menentukan harga saham? Berikut kami lansir dari berbagai sumber. 

Aksi Korporasi Perusahaan 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham salah satunya aksi korporasi perusahaan. Kebijakan yang diambil oleh perusahaan misal terjadinya merger, akuisisi dan right issue.

Tentunya kebijakan tersebut otomatis mempengaruhi harga saham di bursa. 

Fluktuasi Kurs Rupiah

Fluktuasi kurs rupiah yang tinggi atau rendah terhadap mata uang asing menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dengan harga saham perusahaan. Imbas dari fluktuasi kurs rupiah tersebut dapat berdampak positif maupun negatif. Khususnya untuk perusahaan yang mempunyai utang dengan mata uang asing.

Tentunya perusahaan yang memiliki utang mata uang asing akan dirugikan akibat melemahnya kurs. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya biaya operasional dan secara otomatis juga akan mengakibatkan turunnya harga saham yang perusahaan tawarkan. 

Salah satu contoh kasusnya adalah ketika kurs rupiah terhadap dolar AS melemah, maka  akan mengakibatkan harga-harga saham di Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) juga ikut melemah.

Proyeksi Kinerja Perusahaan

Faktor yang menentukan harga saham adalah proyeksi kinerja perusahaan. Tentunya kinerja yang buruk akan membuat harga saham menurun dan sebaliknya jika kualitas perusahaan yang baik akan memicu harga saham naik.

Tentunya perusahaan yang menawarkan dividend payout ratio (DPR) yang lebih besar cenderung disukai investor karena bisa memberikan timbal balik yang bagus. Dalam praktiknya, DPR berdampak pada harga saham. 

Selain itu, earning per share (EPS) juga memiliki peran terhadap naik-turunnya harga saham. EPS yang tinggi akan menstimulasi investor untuk membeli saham.

Tingkat rasio utang dan PBV juga dapat memberikan efek signifikan terhadap harga saham. Perusahaan yang memiliki tingkat rasio utang yang tinggi biasanya adalah perusahaan yang sedang bertumbuh. Perusahaan tersebut biasanya akan gencar dalam mencari pendanaan dari para investor.

Tingkat Bunga

Tentunya ini memiliki pengaruh pada persaingan dalam pasar modal. Jika suku bunga naik, maka investor akan menjual sahamnya dan ditukarkan obligasi. Hal ini membuat suku bunga turun dan sebaliknya.

Tentunya bunga mempengaruhi laba suatu perusahaan karena bunga adalah suatu biaya. Jika semakin tinggi suatu suku bunga maka akan semakin rendah laba perusahaan tersebut. Selain itu, suku bunga juga dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian yang dapat mempengaruhi laba perusahaan atau badan usaha.

Itulah 4 faktor yang menentukan harga saham yang mempengaruhi harga saham. Tentu bagi yang ingin investasi saham sebaiknya mempertimbangkan 4 faktor di atas agar investasi Anda dapat maksimal.

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD