AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20116.20
-0.27%
-55.07
N225
26604.84
-0.27%
-72.96
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

Keuntungan dan Kerugian Reksa Dana yang Perlu Anda Ketahui

YUK NABUNG SAHAM
Mohammad Yan Yusuf
Rabu, 23 Maret 2022 13:02 WIB
Keuntungan dan kerugian reksa dana ini bisa menjadi langkah Anda sebelum memulai investasi. Seperti diketahui, reksa dana ada memiliki nilai positif dan negatif
Keuntungan dan Kerugian Reksa Dana yang Perlu Anda Ketahui. (Foto : MNC Media)
Keuntungan dan Kerugian Reksa Dana yang Perlu Anda Ketahui. (Foto : MNC Media)

IDXChannel - Keuntungan dan kerugian reksa dana ini bisa menjadi langkah Anda sebelum memulai investasi. Seperti diketahui, reksa dana ada memiliki nilai positif dan negatifnya. 

Meskipun keuntungan dan kerugian reksa dana bisa ada. Namun nyata reksa dana merupakan salah satu instrumen yang paling diminati masyarakat. 

Lalu apa saja keuntungan dan kerugian reksa dana? Simak penjelasannya. 

Keuntungan Reksa Dana

Banyak alasan kenapa sejumlah investor memilih berinvestasi di reksa dana. Tentunya ini keuntungan berinvestasi di sana. 

  1. Manajemen Portofolio Tingkat Lanjut

Saat membeli reksa dana, Anda akan membayar biaya manajemen sebagai bagian dari rasio pengeluaran Anda. Dengan kata lain, Anda menyewa manajer portofolio profesional yang membeli dan menjual saham, obligasi, dll. 

Ini adalah harga yang relatif kecil untuk dibayar untuk menjadi profesional. membantu dalam pengelolaan portofolio investasi.

  1. Reinvestasi Dividen

Selain itu, dividen dan pendapatan bunga lainnya diumumkan untuk dana tersebut, mereka dapat digunakan untuk membeli saham tambahan di reksa dana, sehingga membantu pertumbuhan investasi Anda.

  1. Pengurangan Risiko (Keselamatan)

Anda bisa mengurangi risiko portofolio yang dicapai melalui penggunaan diversifikasi. Sebab sebagian besar reksa dana akan berinvestasi di mana saja dari 50 hingga 200 sekuritas yang berbeda - tergantung pada fokusnya. Selain itu, banyak reksa dana indeks saham memiliki 1.000 atau lebih posisi saham individual.

  1. Kenyamanan dan Harga yang Adil

Selain mudah dibeli dan dipahami. Reksa dana memiliki investasi minimum yang rendah dan mereka diperdagangkan hanya sekali per hari pada nilai aset bersih (NAB) penutupan. 

Ini menghilangkan fluktuasi harga sepanjang hari dan berbagai peluang arbitrase yang dipraktikkan oleh pedagang hari itu. Termasuk jenis investasi apa pun, spesifikasi anggaran, garis waktu, dan sasaran laba Anda akan menentukan opsi reksa dana terbaik untuk Anda.

Kekurangan Reksa Dana

Meski memiliki kelebihan, reksa dana tentu memiliki kekurangan. Karena itu sebelum berinvestasi, ada baiknya mengetahui kekurangan itu. 

  1. Rasio Biaya Tinggi dan Biaya Penjualan

Bila Anda tidak melihat rasio biaya reksa dana dan biaya penjualan. Mereka kan lepas kendali. Karena itu, berhati-hatilah saat berinvestasi dalam dana dengan rasio pengeluaran lebih tinggi dari 1,50%, karena dianggap memiliki biaya yang lebih tinggi. 

Selain itu, waspadalah terhadap biaya iklan dan biaya penjualan secara umum. 

Sebab beberapa perusahaan dana bagus di luar sana yang tidak memiliki biaya penjualan. Biaya mengurangi hasil investasi secara keseluruhan.

  1. Penyalahgunaan Manajemen

Banyak pula manajer investasi yang menyalahgunakan wewenangnya. Ini termasuk perdagangan yang tidak perlu, penggantian berlebihan, dan menjual yang kalah sebelum akhir kuartal untuk memperbaiki pembukuan.

  1. Inefisiensi Pajak

Suka atau tidak suka, investor tidak punya pilihan dalam hal pembayaran capital gain di reksa dana. Karena itu, perputaran, penebusan, keuntungan, dan kerugian dalam kepemilikan sekuritas sepanjang tahun, investor biasanya menerima distribusi dari dana yang merupakan peristiwa pajak yang tidak terkendali.

Itulah keuntungan dan kerugian reksa dana reksadana yang perlu Anda perhatikan sebelum berinvestasi menggunak instrumen ini. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. 

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD