AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20116.20
-0.27%
-55.07
N225
26604.84
-0.27%
-72.96
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

Cara Harga Saham IPO Ditentukan Beberapa Faktor

YUK NABUNG SAHAM
Mohammad Yan Yusuf
Senin, 21 Maret 2022 13:24 WIB
Cara harga saham IPO ditentukan beberapa faktor, seperti kesepakatan antara perusahaan dan underwriter sebagai penjamin emisi.
Cara Harga Saham IPO Ditentukan Beberapa Faktor
Cara Harga Saham IPO Ditentukan Beberapa Faktor

IDXChannel - Cara harga saham IPO ditentukan beberapa faktor, seperti kesepakatan antara perusahaan dan underwriter sebagai penjamin emisi.

Selain itu, cara harga saham IPO ditentukan ada beberapa metode yang diperlukan untuk menentukan harga saham. Terlebih penentuan ini umumnya kesepakatan para pemegang saham besar melalui RUPS. 

Karenanya sebelum mengetahui cara harga saham IPO ditentukan, baiknya simak penjelasan ini terlebih dahulu :  

Pengertian IPO

Proses penjualan pertama saham umum sebuah perusahaan kepada investor umum disebut IPO (Initial Public Offering). Dengan kata lain inilah menjadi awal mula perusahaan ini resmi melantai di pasar modal. 

Tentunya harga saham yang ditawarkan sebelum IPO umumnya lebih rendah dari harga saham yang ditawarkan. Fenomena ini disebut underpricing, yakni keadaan dimana penetapan harga saham pada saat IPO lebih rendah. Sehingga proses ini umumnya menjadi incaran sejumlah investor, terutama bila investor utama perusahaan ini merupakan tokoh atau corporate besar. 

Penentuan Harga Saham IPO

Rendahnya saham harga IPO dibandingkan ketika saham melantai pasar modal bukan tanpa penelitian. Setidaknya ada beberapa model cara menetapkan harga saham pada saat perusahaan akan melakukan IPO berdasarkan hasil penilaian harga saham wajar.

Metode PER

Penilaian Harga Saham (Valuation) diketahui berdasarkan penilaian (valuasi) saham adalah proses menentukan berapa harga yang wajar untuk suatu saham yang dihasilkan. 

Dalam melakukan penilaian harga wajar saham biasa terdapat berbagai macam pendekatan, diantaranya adalah Pendekatan Price Earning Ratio (PER). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara harga saham wajar berdasarkan penilaian dan harga saham yang ditetapkan pada saat IPO. 

Keuntungan Underwriter

Selain itu saat menentukan harga, underwriter memanfaatkan informasi yang dimiliki untuk membuat kesepakatan harga IPO yang

optimal baginya, yaitu harga yang memperkecil risiko bila saham tidak terjual semua.

Memanfaatkan emiten kurang memiliki informasi, maka emiten menerima harga yang murah bagi penawaran sahamnya. Semakin besar ketidakpastian emiten tentang kewajaran harga sahamnya, maka lebih besar permintaan terhadap jasa underwriter dalam menetapkan harga. 

Kompensasi atas informasi yang diberikan underwriter adalah

dengan mengizinkan underwriter menawarkan harga perdana sahamnya di bawah harga keseimbangan. 

Investor Pemula

Terlepas cara harga saham IPO ditentukan. Bagi investor pemula, tentunya ada empat langkah sebelum menentukan membeli saham saat IPO. 

  1. Pahami Saham

Tentunya dengan mempelajari dan memahami saham dan bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan. Hal ini sangat perlu dilakukan dan menjadi hal yang sangat fundamental. Apabila dilewatkan, hanya akan membuat kamu menjadi bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika bermain saham.

  1. Pilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum memulai, tentukan perusahaan sekuritas yang akan membantu Anda untuk menjadi perantara ketika berinvestasi saham. Sebab, perusahaan sekuritas ini memiliki peran sebagai perantara untuk Anda melakukan jual beli saham dan akan membantu dalam pembukaan rekening saham di BEI. Itulah mengapa, kamu perlu menentukan dan juga memastikan perusahaan sekuritas mana yang akan dipercaya.

  1. Pilih Saham

Selanjutnya jangan lupa untuk memilih jenis saham yang berpotensi dengan melakukan analisa. Selain berpotensial, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Kondisi mengenai risiko saham tersebut bisa kamu lihat dari kondisi perusahaannya, membaca prospektus yang disediakan saat listing IPO, serta Anda juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang kamu percaya untuk memilih saham terbaik.

  1. Beli Saham

Ketika Anda sudah menentukan sahamnya, lalu lakukanlah pembelian. Untuk membeli saham tersebut, Anda bisa membeli melalui broker atau dapat membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online.

Itulah cara harga saham IPO ditentukan serta tips investor pemula, semoga informasi ini berguna bagi Anda. 

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD