Akibat Ulah YouTuber, Garuda Indonesia Larang Foto di Pesawat
Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 16 Juli 2019 09:45 WIB
Terdapat aturan larangan mendokumentasi ada di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.
Akibat Ulah YouTuber, Garuda Indonesia Larang Foto di Pesawat. (Foto: Ist)

IDXChannel – Pasca seorang YouTuber bernama Rius Vernandez mendiskreditkan Garuda Indonesia melalui daftar menu yang ditulis tangan, maskapai plat merah Indonesia ini akhirnya mengeluarkan surat larangan mengambil gambar di dalam pesawat.

Larangan tersebut dikeluarkan pada 14 Juli 2019 dan ditandatangi oleh Pjs SM FA Standarization & Development Garuda Indonesia, Evi Oktaviana. “Tidak diperbolehkan mendokumentasikan segala kegiatan di pesawat, baik berupa foto ataupun video oleh Awak Kabin ataupun penumpang,” tulis pengumuman Garuda Indonesia, pada Selasa (16/7).

Dalam surat larangan tersebut juga disebutkan juga meminta awak kabin seperti pramugari untuk menyampaikan larangan mengambil gambar dan video kepada penumpang.

Larangan ini gugur bila penumpang telah memperoleh surat izin dari Garuda Indonesia. Bila melanggar, penumpang akan memperoleh sanksi dari maskapai. “Perusahaan akan memberi sanksi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan di atas,” tutupnya.

Sejatinya, aturan larangan mendokumentasi ada di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, bahwa ada larangan pengambilan gambar di area tertentu seperti di Daerah Keamanan Terbatas. Namun, pengambilan gambar bisa dilakukan atas seizin Kepala Bandara.

Dari regulasi tersebut, kabin pesawat tidak termasuk ke dalam Daerah Keamanan Terbatas yang diatur di dalam PM No. 80 Tahun 2017 itu.

Sekadar diketahui, Rius Vernandes dikenal sebagai YouTuber spesialis 'miles'. Ia membagikan banyak konten seputar 'miles' atau poin yang diberikan maskapai penerbangan agar bisa digunakan untuk penerbangan gratis. Banyak netizen pun tertarik dengan konten ini.

Selain 'miles', pemilik restoran Sec Bowl ini juga kerap mengunggah konten ulasan maskapai. Ia menikmati layanan Business Class atau First Class dari maskapai internasional lalu mengulasnya dari berbagai sisi. Tak terkecuali menu yang disuguhkan.

Merunut kejadiannya, Rius menggunakan Business Class Garuda Indonesia tujuan Sydney - Denpasar - Jakarta. Ia dan pasangannya mendapati daftar menu yang dibagikan pramugari hanyalah kertas tulisan tangan. Merasa ganjil dengan hal ini, Ia pun mengunggah foto daftar menu itu di InstaStory pribadinya.

Rius lantas jadi perbincangan. Banyak netizen merasa Rius hanya menjelek-jelekkan citra maskapai nasional Indonesia ini. Hal ini juga dikaitkan dengan peran Rius sebagai Key Opinion Leaders (KOL) maskapai nasional negara lain. (*)

Baca Juga