Ibu Kota Pindah, Pelindo IV Berencana Kelola Pelabuhan Penajam

Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 09 Januari 2020 10:30 WIB
Pasca Ibu Kota negara akan pindah dan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim, Pelindo IV berencana mengelola Pelabuhan Penajam.
Ibu Kota Pindah, Pelindo IV Berencana Kelola Pelabuhan Penajam. (Foto: Ist)

IDXChannel - Pasca Ibu Kota negara akan pindah dan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim, Pelindo IV berencana mengelola Pelabuhan Penajam.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) akan mendukung sepenuhnya percepatan pembangunan ibu kota baru dengan dukungan percepatan pembangunan infrastruktur di pelabuhan Penajam.

Dikatakan Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang menjelaskan di Makassar, pada Selasa (7/1/2020), pihaknya akan membangun akses dari pelabuhan yang ada di Kaltim Kariangau Terminal (KKT) Balikpapan ke pelabuhan di Penajam Paser Utara.

Selanjutnya Pelindo IV akan melakukan kerja sama pengelolaan pelabuhan Penajam, yang selama ini masih dikelola oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ditjen Perhubungan Laut setempat.

“Sebanyak tujuh pelabuhan dan terminal di Kalimantan Timur serta dua pelabuhan di Kalimantan Utara dipersiapkan untuk mendukung sekaligus menjadi penyangga ibu kota baru,” pungkasnya. (*)

Baca Juga