AALI
9500
ABBA
274
ABDA
0
ABMM
2420
ACES
705
ACST
167
ACST-R
0
ADES
6200
ADHI
765
ADMF
8175
ADMG
174
ADRO
3080
AGAR
316
AGII
2310
AGRO
850
AGRO-R
0
AGRS
124
AHAP
84
AIMS
250
AIMS-W
0
AISA
146
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
1615
AKRA
1180
AKSI
272
ALDO
770
ALKA
296
ALMI
298
ALTO
193
Market Watch
Last updated : 2022/08/08 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
536.01
-0.11%
-0.58
IHSG
7086.85
0.03%
+2.19
LQ45
1007.14
-0.07%
-0.66
HSI
20045.77
-0.77%
-156.17
N225
28249.24
0.26%
+73.37
NYSE
15273.23
0.32%
+49.03
Kurs
HKD/IDR 675
USD/IDR 14,929
Emas
853,771 / gram

Catat! Kartu Kredit Syariah, Fatwa MUI, dan Perbedaannya dengan Konvensional

SYARIAH
Shifa Nurhaliza
Jum'at, 17 Desember 2021 17:45 WIB
Kartu kredit syariah kini telah masuk kedala kategori halal lifestyle sudah menjadi salah satu tren yang marak di Indonesia.
Catat! Kartu Kredit Syariah, Fatwa MUI, dan Perbedaannya dengan Konvensional. (Foto: Kartu Kredit Syariah)
Catat! Kartu Kredit Syariah, Fatwa MUI, dan Perbedaannya dengan Konvensional. (Foto: Kartu Kredit Syariah)

IDXChannel – Kartu kredit syariah kini telah masuk kedala kategori halal lifestyle sudah menjadi salah satu tren yang marak di Indonesia. Hal tersebut membuat kebanyakan masyarakat beralih dan lebih suka memilih produk syar'i yang sesuai dengan hukum Islam, salah satunya adalah kartu kredit syariah.

Produk keuangan berbasis syariah menerapkan sistem yang lebih aman tanpa adanya bunga dan bebas dari riba. Produk ini memberikan fasilitas pembayaran sehingga nasabah bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah.

Daftar Bank yang Menyediakan Produk Kartu Kredit Syariah

Fungsi utama kartu kredit syariah adalah sebagai alat pembayaran non tunai yang bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai merchant, toko online, restoran, hingga tarik tunai melalui mesin ATM.

Jenis kartu kredit ini menerapkan sistem yang sesuai dengan syariat Islam sehingga mampu menghindarkan nasabah dari riba. Berikut beberapa bank yang menyediakan layanan kartu kredit berbasis syariah:

1. iB Hasanah Card

BNI Syariah menyediakan produk kartu kredit bernama iB Hasanah Card. Produk ini menerapkan sistem perhitungan biaya yang transparan, adil, tetap dan kompetitif tanpa adanya riba. Kartu ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi di merchant atau tempat yang menerima pembayaran dengan MasterCard serta ATM berlogo Cirrus di berbagai negara. Transaksi yang dilakukan dengan kartu ini harus sesuai dengan pedoman syariah.

Untuk bisa memiliki kartu kredit ini, nasabah harus memiliki penghasilan setahun sebesar Rp36 juta. Iuran tahunan yang dibebankan sekitar Rp60-600 ribu tergantung jenis kartu yang dimiliki. Fitur unggulan yang tersedia antara lain smartbill, DanaPlus, Transfer Balance, Executive Airport Lounge, sampai asuransi perjalanan.

2. BNI Syariah Hasanah Card Gold

Produk kartu kredit dari bank BNI Syariah ini menawarkan layanan cicilan tetap untuk jangka waktu tertentu. Nasabah akan mendapatkan poin reward setiap melakukan transaksi. Poin tersebut bisa ditukar menjadi hadiah langsung. Syarat pengajuan untuk memiliki kartu ini adalah minimal memiliki pendapatan minimal Rp5 juta per bulan. Usia nasabah di antara 21-65 tahun. 

Biaya kartu per tahunnya adalah Rp120 ribu untuk kartu tambahan dan Rp240 ribu untuk kartu baru. Tidak ada denda serta biaya admin tambahan untuk keterlambatan.

3. CIMB Niaga MasterCard Syariah Gold

Bank ini menawarkan produk kartu kredit yang menerapkan prinsip syariah. Dengan begitu, nasabah bisa menggunakan layanan dengan lebih tenang karena sudah sesuai dengan syariat islam. Syarat untuk dapat mengajukan kartu kredit ini adalah memiliki gaji bulanan minimal Rp3 juta. Limit kartu yang bisa didapatkan bisa beragam tergantung hasil survei. Limit yang tersedia mulai dari Rp3 juta - Rp100 juta. Biaya iuran kartu sekitar Rp150 ribu per tahun.

Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan kartu kredit ini. Beberapa keuntungannya, poin Xtra setiap transaksi, layanan quick pay untuk memudahkan pembayaran tagihan bulanan, dan autopay yang digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit secara otomatis.

4. BNI Syariah Hasanah Card Classic

BNI Syariah menawarkan beberapa jenis produk kartu kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Pembelian tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit ini sudah akan otomatis mendapatkan asuransi perjalanan. Biaya tahunan untuk kartu baru sebesar Rp120 ribu sedangkan kartu tambahan sebesar Rp60 ribu.

Syarat untuk mengajukan kartu kredit ini adalah berumur minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun serta memiliki pendapatan tetap minimal Rp3 juta per bulan.

5. BNI Syariah Hasanah Card Platinum

Layanan kartu kredit ini memiliki jumlah limit terbesar, yaitu di antara Rp40 juta hingga Rp900 juta. Kartu ini bisa digunakan di berbagai tempat yang menyediakan pembayaran berlogo MasterCard di seluruh dunia. Produk ini menawarkan cicilan tetap yang sesuai dengan jumlah limit yang dimiliki. Pemilik kartu kredit ini akan mendapatkan fasilitas free airport lounge dan asuransi perjalanan. Biaya kartu baru sebesar Rp600 ribu dan Rp300 ribu untuk kartu tambahan.

Untuk memiliki kartu kredit ini, nasabah harus memenuhi persyaratan yaitu memiliki penghasilan minimal Rp4.170.000 per bulan dan berusia di antara 21-65 tahun.

Fatwa MUI Tentang Kredit Syariah

Kartu kredit berjenis syariah menggunakan menerapkan sistem yang sesuai dengan syariat Islam agar mampu menghindarkan nasabah dari riba. Berdasarkan fatwa MUI, kartu kredit tersebut tidak boleh digunakan untuk membeli produk non halal seperti membeli minuman keras, bertransaksi di tempat diskotik, perjudian dan lain sebagainya.

Aturan tersebut diterapkan untuk mengurangi pola konsumtif nasabah dan tidak menjadikan kartu kredit sebagai kartu utang. Kartu kredit tersebut hanya berperan sebagai solusi pembayaran atau keuangan sehari-hari saja. Hal inilah juga yang mendasari tidak adanya promo dalam penggunaan kartu kredit berbasis syariah.

Perbedaan Kartu Kredit Konvensional dan Syariah

Secara umum, kartu kredit berbasis syariah memiliki fungsi yang sama seperti kartu kredit konvensional. Namun, terdapat beberapa perbedaan seperti terikat dengan aturan yang berlaku dan mengacu pada prinsip kebijakan yang bersifat syariah. Seperti adanya akad dan penerapan biaya yang sesuai dengan syariah Islam. Semua unsur tersebut terdapat pada produk ini untuk memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah agar tetap bisa menikmati fasilitas financial tanpa terkena riba. 

Setiap produk kartu kredit syariah menawarkan keuntungan yang beragam, namun tetap sesuai dengan syariat Islam. Sistem syariah ini memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk mendapatkan fasilitas finansial terbaik. Selain itu, bisa merasa lebih nyaman karena bebas riba. (SNP)

Halaman : 1 2 3
link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD